Pengalaman Umroh sambil hamil 6 bulan & membawa balita 3 tahun

umroh dengan orang tua, mertua suami, alesha dan dedek Jeeva yang masih di kandungan
Ini cerita pengalaman membawa anak balita (usia 3 thn) umroh..waktu umroh ini juga aku hamil Jeeva (hamil 6 bulan) waktu aku niat untuk umroh dan ambil tiket untuk ke Jeddah aku belum tau bahwa aku hamil, besoknya tiba2 aja aku pengen test pack karena udah telat dan hasilnya positif...Sehari setelah aku ambil tiket untuk umroh aku baru tau aku hamil..aku sempet bingung apakah tetep berangkat umroh atau ga.. atau ini pertanda aku ga boleh berangkat dulu? Tapi entah kenapa niat aku begitu besar karena aku udah niat untuk segera umroh klo aku diterima kerja di Garuda, aku pengen bisa umroh bareng orang tua, mertua, suami dan anakku bareng2.. kapan lagi kesempatan ini ada, kalaupun menunggu taun depannnya lagi apakah aku sanggup bawa 2 balita sambil umroh? Karena umroh ga seperti traveling biasa, kegiatan umroh lebih banyak aktifitasnya dan sudah terschedule

Jadi setelah browsing sana sini tentang umroh sambil hamil, minta ijin ke suami, ke pak dokter dan melihat keaadanku sendiri setelah lewat 4 bulan ternyata sudah ga mual muntah, aku PD bisa berangkat, akhirnya aku putuskan untuk tetap berangkat umroh di usia hamil 6 bulan

Sebenernya aku happy bgt bisa bawa alesha umroh walaupun usianya baru 3 thn saat itu..dengan membawa anakku justru membuat aku lebih banyak bersyukur.. dan ga mengeluh dengan semua kerempongan gara2 bawa anak, cuma memang jadinya karena aku udah hamil gede dan ga bisa gendong alesha, suamiku yg jadi banyak berkorban tenaga karena setiap saat dia yang gendong alesha, pas tawaf, sai, pas alesha tidur tapi harus ke masjid ziarah ke Makan Nabi Muhammad.. tapi Alhamdulillah suamiku happy aja dan ga pernah mengeluhkan itu

Alesha di Masjid Nabawi
Alhamdulillah sebenernya waktu alesha ikut umroh, alesha ga begitu rewel, waktu solat alesha ikut saya atau suami ke masjid, seringnya ikut ayahnya 😀 tp karena masih usia 3 thn jadi masuk shaf laki2 pun gpp 😊

Waktu solat malam atau subuh pas alesha tidur kami gantian ke masjid dan nungguin alesha di hotel, karena stroller ga boleh masuk masjid dan kasian alesha kalau dibangunin.

Waktu tawaf & sai bagaimana?
waktu tawaf kami ga pakai kursi dorong, alesha digendong ayahnya dari awal tawaf sampai selesai, lanjut sai alesha juga digendong ga pakai kursi roda.. pokonya aku salut banget sama suamiku yang rela gendong alesha terus selama kegiatan tawaf dan sai.. memang ayahnya ga mau pakai kursi roda karena menurutnya dia masih sanggup gendong alesha, oiya pelaksanaan tawaf & sai wajib biasanya tengah malam, anak2 biasanya sudah tidur lelap, jadi kita harus gendong atau pakai kursi roda

ditengah2 Sai

Sementara aku sendiri gimana?
Aku juga ga pakai kursi roda selama tawaf dan sai.. tapi balik lagi ke kondisi masing2 ya.. kalau aku memang pede untuk jalan aja krn alhamdulillah kondisiku sehat2 aja, cuma minum obat anti kontraksi aja sebelum tawaf dan sai.. pas tawaf masih kuat..pas sai muter 7 keliling di akhir-akhir aku udah hampir give up..bukan cape tapi kakinya kaya udah ga sanggup melangkah karena beban di perut kayak semakin berat..perutku sempet agak sakit.. tapi alhamdulillah dipinggir disediakan banyak air zam zam, jadi aku selalu sempetin untuk berhenti sebentar dan minum untuk nambah tenaga, papaku nemenin aku jalan pelan2 takut aku tiba2 roboh, sambil bawa kursi kecil? Saking aku ngotot ga mau pake kursi roda, jadinya bokap gw yg bawain kursi kecil sambil jalan, klo aku inget itu aku jadi terharu dan bersyukur Allah kasih aku kekuatan buat selesain umroh dan alhamdulillah kandunganku ga kenapa2 sehat waalfiat sampe jeeva lahir

Selesai Umroh
selama 9 hari umroh, dengan kondisi hamil dan bawa balita 3 thn aku cuma bisa 1x umroh.. sementara orang tuaku bisa 3x umroh dan suamiku 2x umroh, karena suamiku terbatas waktu juga harus jagain alesha dan aku.

Dibalik itu semua tadi, umroh sambil bawa balita ternyata membawa banyak kemudahan juga, misalnya waktu ziarah ke Raudah, ke makan nabi Muhammad SAW, karena aku dan suami perginya 1 kelompok bersamaan jadi alesha ga bisa ditinggal di hotel, laki2 & perempuan dipisah, tapi alesha ikut sama ayahnya digendong, karena masih balita jadi alesha boleh ikut ke tempat laki2..kita berangkat jam 9 alesha sudah tidur.. dan akhirnya harus digendong karena g bisa bawa stroller..alhamdulillah ternyata walaupun antrian panjang sekali, suamiku dikasih jalan duluan untuk masuk, karena sambil gendong alesha, jadi selama ziarah suamiku bisa pulang duluan jam 11 sedangkan aku sendiri harus mengantri sampai jam 1 malam, waktu mau cium kabah walaupun penuh & berdesakan sering dikasih jalan juga karena gendong alesha.. alhamdulillah ternyata walaupun bawa balita banyak dikasih kemudahan..selama umroh alesha juga sering dikasih makanan kurma, permen oleh jamaah lain, kadang2 diciumin juga saking gemesnya sama alesha..

Alesha cium Kabah

Alesha dicium om2 dari Turki
Waktu di Madinah, di dekat pintu utama masjid Nabawi banyak burung-burung berkumpul dan berterbangan, pagi-pagi waktu ada jeda kosong kami sempatkan  main2 sebentar ngasih makan dan mengejar burung, lumayan bisa mengajak alesah main sebentar :)

Lumayan hiburan untuk anak :D
Oiya untuk masalah vaksin meningitis gimana?
untuk ibu hamil ga boleh vaksih meningitis, tapi tetap dikasih buku kuning "contra Indication" dengan dilampirkan surat keterangan pregnant dari Kantor Kesehatan Pelabuhan tempat kita vaskin, kalau alesha & ayahnya tetep harus divaksin

Buku Kuning Kontra Indikasi Vaksin sebagai persyaratan umroh
Alhamdulillah walaupun aku ga divaksin tapi alhamdulillaah ga kenapa2, tapi ini jangan dijadikan pembenaran yaa..untuk ga ikut vaksin kecuali kalau hamil

Setiap kondisi ibu hamil itu beda2 yaa.. ada yang kuat, ada yang lemah, harus bedrest, mual muntah terus, ga bisa makan, kalau aku berani umroh sambil hamil, karena aku tau kondisiku saat itu sehat, ga mual muntah, bisa makan apapun, kuat jalan dan itu semester ke 2 waktu usia hamil 6 bulan, saat yg paling aman untuk bumil bepergian/traveling. Semester 1 & 3 yang paling riskan utk traveling. Semester 1 biasanya masa hebat2nya mual muntah, sedangkan semester 3 berbahaya krn usia hamil 7-9 bulan sudah mungkin untuk tiba2 melahirkan.

Jadi balik lagi ke kondisi masing2 bumil.. klo pede go ahead aja, you are the one who really knows your condition & capabilities, mau orang bilang a,b,c klo kita yakin kenapa ga? Tp klo merasa g kuat jangan dipaksakan 😊

Waktu dulu aku cuma berdoa supaya bisa tetap berangkat tahun itu 2016 sama keluargaku..alhamdulillah Allah mengabulkan doaku.. dan disanapun aku berusaha ga memporsir/memaksakan untuk terlalu cape..Alhamdulillah berkat bantuan Allah semuapun dimudahkan & dilancarkan 😊

oiya waktu aku umroh sama keluarga aku pakai travel dari kantor dengan Shabilla Travel, Ratenya lumayan dan pengurusannya pun cukup baik, ga ada masalah selama pakai agent perjalanan umroh ini. untuk anak 3 tahun tetap bayar full, tapi karena waktu itu kami berangkat ber 7 jadi ada diskon sedikit :) untuk lebih detail bisa cek di websitenya langung di http://shabillatravel.com/

ID kami :)

Sent from my iPhone

Tags

33 star hotel Accessory Adventure Analysis apply visa schengen untuk anak Arcade aspa villa babymoon ke Hong Kong Baseball batu kincir resto Beautiful Pictures belanja di bangkok belanja di pratunam Belgia beli kartu sim di london Best Store Biaya traveling ke Seoul biaya visa schengen biaya visa UK big ben birthday blast Brussels Brussels amsterdam naik thalys budget ke seoul Budget Living bus hop on hop off edinburgh Business camden cara apply visa schengen sendiri cara apply visa UK cara apply visa UK untuk anak cara ke oxford university cara ke stonehenge cara ke windsor castle cara membuat visa UK Carenival central midi Chef citymapper london Company contoh surat pernyataan untuk VISA Country Cruises cuaca di Santorini bulan Mei Culture desain interior Design Digital Life Dish Review DIY Projects easy jet Economy edinburgh Education europe trip Expert Advices Fan Club Fashion Financial first birthday Food Football Fund furniture anak Games Gossip Greece hamil sambil umroh Hong Kong 3 hari 2 malam Hot Songs hotel bagus di Santorini hotel di edinburgh hotel di oia santorini hotel murah di bangkok hotel murah di kuala lumpur hotel murah di Santorini Hotels House ibu hamil vaskin untuk umroh Ikea ikea indonesia Ikea sale Image Rating Inspiration Interior Investor itinerary di Edinburgh itinerary ke Hong Kong Itinerary Seoul itinerary UK dalam 7 hari jalan jalan ke Bangkok jalan jalan ke Edinburgh jalan jalan ke malaysia jalan jalan ke oxford University jalan jalan ke santorini jalan jalan ke Stonehenge jalan jalan ke Windsor Castle jalan-jalan di bandung jalan-jalan ke bandung jalan-jalan ke Hong Kong jasa titip bangkok jastip kuala lumpur Jeeva Maysha ke Edinburgh bulan April ke Inggris tanpa tour ke london bersama balita kolam renang hotel yang bisa untuk umum kuliner bandung Latin life story Lifestyle Lighting Live Show london bridge Love Military Model mountain breeze banjaran Music naik bus di london naik thalys naik uber dari heathrow naik uber di London Novotel City Gate Hong Kong Olympic oxford street panti asuhan anak cacat penginapan di Brussels penginapan murah di London Phone Shots Photography PO Kuala Lumpur Pop Shop Popular Collection rekomendasi hotel di santorini Rock Role Playing ruang bermain dan belajar Sale Santorini Shooting Styles shopping trip ke bangkok Simulation skotlandia Society Sports Startup Strategy Stylist syarat visa schengen syarat visa Schengen 2017 syarat visa UK Technology tempat belanja di Hong Kong tempat berenang di Bandung tempat wisata di bandung tempat wisata di edinburgh tempat wisata di Inggris tempat wisata di London Tempat wisata di Seoul Tone Set Top Bet Tour ke Stonehenge tour murah stonehenge tranportasi di london transport dari KLIA ke pavilion transport di Edinburgh transportasi di Hong Kong Travel Travel blogger travel blogger indonesia travel with kids traveling ke London traveling with kids Trip Ideas trip ke UK Ulang Tahun yang Pertama umroh dengan anak-anak umroh dengan balita umroh ketika hamil umroh membawa balita vfs netherlands jakarta visa UK Vogue Waffle di Brussels Weather World yayasan sayap ibu bintaro ysib Yunani